Tuesday, June 18, 2013

Indonesia Versus Belanda

Kabar ini mulai beredar sekitar bulan Februari, kalo ga salah. Bahwasanya KNVB akan datang ke Indonesia dan melaksanakan friendly match dengan PSSI. Sontak, gw seneng banget! Belanda itu tim yang gw suka dan gw dukung selagi perhelatan piala dunia atau euro.

Alasan gw suka Belanda itu.. Permainan yang memikat dari individunya. Waktu itu di tahun 2002, menyaksikan keganasan Ruud Van Nistelrooy di MU yang membuat gw terkagum- kagum. Tapi di 2002 itu, Belanda gagal masuk ke piala dunia di Jepang.

Nah, akhirnya kabar tadi itu terimplementasi di Jakarta 7 Juni 2013. Di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Awalnya mau nonton ama temen- temen, tapi kemudian nyokap mengusulkan nonton ama bokap aja. Ternyata bokap mau dan justru temen- temen batal semua. Beli tiket kelas I seharga 300ribu rupiah.

Pada hari H, berangkat dari rumah jam 4an. Tapi ternyata jalan macet kemana- mana dan akhirnya sampe di  Senayan jam 6 kurang. Celetukan pertama bokap adalah "wah ini masih dua setengah jam lagi." Emang ini match agak konyol. Masa match jam setengah sembilan malam. Biasa juga jam 7 udah mulai.

Akhirnya kami menunggu dan menunggu. Ngelihatin orang yang masuk makin banyak. Ngelihatin lapangan disemprot air pake water cannon. Yang bikin kesel sedikit, sinyal gw ilang di dalem GBK itu. Tetapi akhirnya terhibur oleh beberapa hal...

1. Bule banyak banget yang nonton! Dan mereka pake embel aneh2 sambil teriak teriak seru- seruan. Penonton Indonesia sontak ketawa dan ikut meladeni penonton bule itu. Bahkan ada yang foto bareng karena amat eksentrik.

2. Ada yang latihan! Nah ini untungnya nonton langsung. Bisa liat pemainnya latihan, yang mana ga disiarin di teve. Ya cukup memuaskan, di kala sudah dua jam bosan melihat lapangan rumput yang itu- itu aja.

Jam 2030. Let the match begins! Setelah banner fifa, ada satu bagian yang spesial. Lagu kebangsaan. 80000 orang di SUGBK, menyanyikan Indonesia Raya bersama. Tidak ada yang lebih nasionalis dari itu. Merinding dan bangga ama Negeri. Terus bokap ngeledek, "di stadion nyanyinya kenceng, di gereja tidur." Ah yasudahlah gapapa itu kan sesekali.

Lalu... KICK OFF!! Baru mulai, Indonesia udah oper bola ke belakang dan main di antara mereka sendiri. Penonton yang kesel mulai nyeletuk "masak terus, goreng terus bolanya!!!" Mksdnya itu mereka bukannya maju menyerang ke depan malah tampak kebingungan sendiri... Gw tersenyum, ya habisnya memang lucu gitu lho haha!

Lalu yang dilihat di babak pertama adalah seri 0-0, Belanda lebih mengambil inisiatif permainan tapi Indonesia sesekali serang balik. Cukup mengagumkan, semenjak yang dilawan ini tim kelas atas. Jadi pada dasarnya, penonton cukup puas dengan penampilan babak pertama. Sukur sukur kita bisa tahan seri, meminta gol itu cukup muluk.

Di babak dua, pemain Indonesia mulai loyo dan hasil akhirnya 0-3 dengan gol dicetak Siem de Jong dan Arjen Robben. Robben emang jadi ancaman maksimal buat pertahanan. Apa yang dilihat penonton adalah lini belakang terlalu terfokus ke yang membawa bola, akibatnya Robben di blind side Indonesia, onside dan ngetem. Bola dioper ke dia, akhirnya dia lari sekuat mungkin dan menusuk pertahanan Indonesia. Pattern-nya begitu saja..

Satu hal yang gw kesel, banyak banget fans alay yang cuma mendukung atau bahkan mengenal satu individu dalam tim, seperti RvP, Robben, Sneijder dan Kuyt. Mereka menutup mata ke pemain lain yang justru lebih berperan. Kiper Vermeer dan Cillessen dari Ajax, bek Pieters dan Vlaar serta Heitinga, lalu Siem de Jong itu sendiri. Belanda bukan cuma RvP dll itu coi, jangan bikin malu lah.

Pada akhirnya ini menjadi momen yang sangat menyenangkan, bisa lihat Belanda bermain langsung. Bokap juga enjoy ama suasana SUGBK dimana semua orang memiliki maksud yang sama. Harapannya, semoga MU dateng :D

No comments: