Friday, May 17, 2013

Awalnya Hanya Bertanya

Dua minggu lalu, saya kehabisan air galon di kosan. Kemudian, sepulang kuliah, saya menyambangi toko yang jual air galon tersebut. Langganannya sudah lama, dari awal semester 2 sampai sekarang. Waktu itu, karena lagi males jalan, akhirnya memberanikan diri minta nebeng ama mas-masnya sembari dia mengantar galonnya. Kali ini, dia yang nawarin saya...

Tentunya engga enak kan kalo cuma nebeng tapi engga membuka percakapan, rasanya awkward sekali. Akhirnya, saya mulai basa basi ke penjualnya...

S: Mas, sebulan bisa laku berapa galon?
M: Sekitar 500an lah.
S: Wah banyak juga ya mas! Itu distributor dateng nganterin seminggu sekali?
M: Engga, dateng aja dia gitu. Tapi engga terlalu untung mas...
S: Lha kenapa mas?
M: Iya mas, ini kan satu galon cuma ambil untung 3000, tapi pengeluarannya banyak. Pulsa telepon, kontrakan toko, bensin. Coba ya, untungnya 1,5 juta. Tapi kontrakannya aja 750rb, bensin 100rb, pulsa 50rb.
S: *merenung* iya juga ya mas.
M: Makanya kayanya saya mau tutup toko aja......
S: Hah?
M: Terus saya buka di rumah saya aja...
S: Ooooo... Saya pikir..
M: Iya habisnya biar ga banyak biaya gitu....
S: Tapi nanti tetep jualan kan ya mas?
M: Tetep dong.
S: Oke deh mas makasih ya!
M: Iya dek, sama2.

Kemudian saya berpikir, kasian sekali penjualnya itu. Kerjanya keras, tapi untungnya tak seberapa. Keterlaluan sekali itu sewa toko sampai 750rb per bulan, padahal kecil hanya 4x3m mungkin. Dari percakapan singkat itu, saya belajar, hidup makin susah, orang semakin keras bekerja untuk mencari uang. Orang- orang kecil yang memulai usaha terimpit oleh biaya yang semakin mahal. Pemilik tanah di Depok semakin semena- mena. Untuk tanah di Depok saja sudah 3.000.000/m2. Padahal UMP nya baru mau mencapai 2juta rupiah. Terlalu.

Nasib terlalu kejam untuk orang yang mencari nafkah dengan jujur.

No comments: