Monday, December 1, 2014

Mentalitas Kondangan

Semoga bukan gw aja yang merasakan.

Beberapa kondangan yang gw hadiri belakangan ini, mulai menunjukan sesuatu yang tidak mengenakan.

Kalau dahulu, menyalami mempelai menjadi hal yang panjang antrian dan selalu ramai, sekarang tidak.

Menyalami mempelai sudah tidak seramai itu. Paling hanya ada antrian 10-15 menit.

Padahal undangan yang datang banyak, yang bilamana semua orang mengantre untuk menyalami mempelai, hampir tidak mungkin 10-15 menit selesai.

Sekarang, orang- orang langsung ngacir ke tempat makan.

Bahkan sebelum mempelai masuk, mereka sudah antre atau berdiri di dekat stan makanan yang diincar.

Alhasil, mempelai sekarang lebih sering duduk. Karena sudah tidak ada lagi yang mengantre untuk menyalami mereka.

Kontras sekali dengan dahulu, dimana mempelai itu bisa cape berdiri, karena menyalami begitu banyak orang.

Miris.

Mentalitas makin buruk.

Entah apa yang ada di pikiran orang- orang itu, mungkin takut makanannya habis.

Tapi tetap saja. Bagi gw pribadi hal ini sangat tidak nyaman dipandang mata. Gw lebih kasihan kepada mempelai itu.

Coba bayangkan anda di sisi mereka, tamu ramai, tetapi tidak ada yang menyalami. Semua sibuk makan sendiri. Kesel ga? Padahal kan harusnya itu hari spesial anda, gitu.

Entahlah.

Ini bukan peristiwa sekali dua kali aja, tapi udah beberapa kali ketika gw pergi kondangan.

Toh hal ini ada positifnya juga.

Memotivasi gw untuk menggelar resepsi kecil- kecilan aja dan untuk orang dekat saja. Daripada kelak gw bisa keki sendiri.

No comments: